Jumat, 15 April 2016

TABUNGAN DAN DEPOSITO




        A.  PENGERTIAN TABUNGAN DAN DEPOSITO

  • Tabungan dapat di definisikan juga sebagai sisa dari pendapatan yang telah digunakan untuk berbagai macam pengeluaran atau kebutuhan konsumsi. Tabungan dengan kata lain disebut juga dengan Saving, yaitu bagian daripada pendapatan yang tidak dikonsumsi dan disimpan untuk di gunakan di masa yang akan datang. Jika dalam lingkup ekonomi Makro saving diartikan sebagai suatu bagian dari pendapatan nasional per-tahunnya yang tidak dibelanjakan atau dikonsumsi.
  •  Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Tidak seperti tabungan yang bisa ditarik kapan saja, maka dalam deposito tidaklah demikian. Kalau kamu memaksa untuk menarik uang atau dana tersebut sebelum waktu jatuh tempo maka biasanya kan dikenakan potongan.
       

    B. MACAM-MACAM TABUNGAN DAN DEPOSITO 
      

    Dalam dunia perbankan  di Indonesia terdapat beberapa jenis- jenis tabungan. Perbedaan jenis tabungan ini hanya terletak dari fasilitas yang diberikan kepada nasabah. Dengan demikian maka nasabah mempunyai banyak pilihan. Jenis-jenis tabungan yang diselenggarakan bank pada umumnya sebagai berikut :

    Terdapat beberapa jenis tabungan, diantaranya meliputi:
     a. Tabungan Pembangunan Nasional ( Tabanas ), merupakan bentuk tabungan yang tidak terikat oleh jangka waktu dengan syarat penyetoran dan pengambilan, tabanas pertama kali diatur pada tahun 1971. Tabanas tersebut terdiri dari :

    1. Tabanas Umum Yaitu tabanas yang berlaku bagi perorangan yang dilaksanakan secara sendiri-sendiri oleh penabung yang bersangkutan.

    2. Tabanas Pemuda, Pelajar dan Pramuka ( Tappelpram ) Yaitu tabanas khusus yang dilaksanakan secara kolektif melalui organisasi pemuda, sekolah dan satuan pramuka yang pertama kalinya diatur dalam piagam-piagam kerja sama antara Bank Indonesia dan departemen PDK serta Depdagri dan antara Bank Indonesia dan Kwarnas Pramuka, pada tanggal 22 Februari 1974.

    3. Tabungan Pegawai Yaitu tabanas khusus para pegawai dari semua golongan kepangkatan di lingkungan Departemen/Lembaga/Instansi Pemerintah dan Perusahaan Pemerintah maupun Swasta yang pelaksanaan penyetorannya dilakukan secara kolektif.

    b. Taska, merupakan bentuk tabungan yang dikaitkan dengan asuransi jiwa, yang pertama kali diatur tahun 1971.

    c. Tabungan ONH, merupakan setoran ongkos naik haji atas nama calon jemaah haji untuk setiap musim haji yang bersangkutan. Besarnya setoran dimuka berdasarkan prinsip diskonto untuk setiap musim haji, ditetapkan pertama kali oleh Keppres pada tahun 1969.

    d. Tabungan lainnya, merupakan tabungan selain Tabanas dan Taska, misalnya tabungan dari pegawai bank sendiri yang bukan Tabanas dan Taska atau tabungan masyarakat pada bank-bank lain yang bukan penyelenggara Tabanas ataupun Taska. 

    • 3 (Tiga) Macam jenis Deposito
    Menurut Kasmir dalam buku Manajemen Perbankan (2002:63) berpendapat bahwa terdapat 3 macam jenis simpanan deposito yang ada di Indonesia, yaitu :
    1. Deposito berjangka
    macam bentuk deposito yang perlu diketahuiDeposito berjangka atau time deposit merupakan salah satu produk bank berupa simpanan dengan jangka waktu tertentu dengan bunga yang tinggi. Jika melihat dari Undang-Undang No 18 Tahun 1998 deposito berjangka memiliki variasi tertentu, dimulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18 sampai dengan 24 bulan.Deposito berjangka diterbitkan atas nama baik perorangan maupun lembaga, artinya di dalam bilyet deposito tercantum nama perorangan atau lembaga si pemilik deposito berjangka.
    2. Sertifikat deposito
    Sertifikat deposito memiliki kesamaan dalam penerapan jangka waktu yang berlaku. Hanya yang membedakan antara sertifikat deposito dan deposito berjangka adalah diterbitkannya sertifikat keterangan dari deposito itu sendiri dan dapat diperjual-belikan atau dipindah-tangankan kepada pihak lain. perbedaan yang lain adalah pencairan bunga sertifikasi deposito dapat dilakukan di muka.

    3. Deposito on Call
    Deposito On Call (DOC) merupakan deposito digunakan untuk depossan yang memiliki uang dalam jumlah besar, misalnya RP 100.000.000,- (tergantung bank yang bersangkutan) dalam sementara waktu belum digunakan. Penerbitan deposito on call memiliki jangka waktu minimal 7 hari dan paling lama kurang dari 1 bulan. DOC terbitkan atas nama.Pencairan bunga dilakukan pada saat pencairan deposit on call dicairkan deposan terlebih dahulu 3 hari sebelumnya sudah memberitahukan bank penerbitan bahwa yang bersangkutan akan mencairkan DOC nya.Besarnya bunga DOC biasanya dihitung per bulan dan untuk menentukan jumlah bunga yangdiberlakukan terlebih daahulu dilakukan negosiasi antara nasabah dengan pihak bank.

    C. TABUNGANUNTUK MEMULAI INVESTASI

    Investasi Tabungan Dolar: 
    Apa Itu dan Bagaimana Cara Bermainnya?
    investasi tabungan dolar header
    Bank memiliki sejumlah layanan investasi yang cenderung aman buat masyarakat yang baru mau memulai investasi. Di antaranya tabungan mata uang asing. Mata uang asing dalam hal ini biasanya dolar Amerika Serikat.
    Dibanding tabungan mata uang rupiah, bunga tabungan mata uang asing memang lebih rendah. Tapi tabungan ini bisa dimanfaatkan sebagai investasi dengan keuntungan yang tak dipunyai tabungan biasa. Keuntungan menabung mata uang asing antara lain:
     Sebagai dana untuk belajar ke luar negeri
        Sebagai dana untuk perjalanan ke luar negeri, baik wisata maupun ibadah haji
        Mempertahankan daya beli saat rupiah jatuh

    Di antara ketiga keuntungan tersebut, yang paling bisa dirasakan adalah keuntungan nomor 3. Contoh nyatanya adalah saat terjadi krisis moneter 1997 yang menyebabkan rupiah terjun bebas, mereka yang bekerja di luar negeri mendapat keuntungan melimpah. Sebab, gaji mereka yang dolar itu nilainya jadi berlipat-lipat ketika ditukar dengan rupiah.

     Tips Sebelum Bermain

    Jika hendak melakukan investasi tabungan dolar, kita harus memperhatikan sejumlah hal terlebih dulu. Berikut ini ada tiga tips penting sebelum bermain dolar:
    1.Pahami istilah kurs beli-kurs jual
     Saat berada di bank atau money changer, bakal ada tulisan kurs beli dolar sekian, kurs jual dolar sekian. Kita wajib memahami istilah tersebut, sebab orang sering tertukar.
    papan kurs jual beli dolar
    Perhatikan papan kurs beli dan kurs jual yang dipajang sebelum melakukan transaksi tukar uang.
    Kurs jual artinya nilai yang ditawarkan bank/money changer untuk menjual dolarnya. Dengan kata lain, kita ingin punya dolar dan kita beli dari mereka dengan nilai segitu.
    Sedangkan kurs beli adalah nilai yang ditawarkan untuk membeli dolar dari masyarakat. Dengan kata lain, kita ingin jual dolar kita dan dibeli bank/money changer dengan nilai segitu.
    Kurs beli selalu lebih rendah daripada kurs jual. Misalnya kurs beli Rp 12.500, kurs jualnya Rp12.700. Berarti kalau kita mau membeli dolar di sana, harga per satu dolar adalah Rp 12.700.


    2. Beli di tempat resmi
    Ada yang mengatakan Indonesia adalah surganya barang palsu. Uang palsu tidak hanya menimpa mata uang rupiah. Dolar pun bisa dipalsukan. Karena itu, kita wajib memastikan bahwa dolar yang kita beli adalah asli.
    Caranya adalah membeli dolar di tempat resmi, contohnya money changer dan bank. Risiko mendapat dolar palsu di bank tentunya sangat kecil. Sementara money changer bisa saja menjual dolar palsu, tapi kemungkinannya kecil jika money changer itu telah punya nama atau punya banyak pelanggan.
    Karena itu, pilihlah money changer yang punya reputasi baik. Kita bisa mencari informasi ini di Internet atau menanyakan kepada kenalan yang mungkin pernah bertransaksi di money changer tersebut.


    3. Jangan simpan terlalu lama

    Harap diketahui bahwa kalau bentuk fisiknya cacat sedikit saja, uang dolar bisa dihargai lebih murah daripada harga pasaran, atau bahkan ditolak. Itu sebabnya kita tak disarankan berlama-lama menyimpan dolar di tempat yang tak mendukung, seperti dompet.
    Contoh kerusakan yang sering dikeluhkan orang yang punya duit dolar adalah kertas menguning, tercoret, dan terlipat. Ya, duit dolar tak boleh dilipat agar nilainya tak berkurang.
    Jadi, langsung tabung saja ke bank begitu kita mendapat dolar. Kalau pas membeli mendapat lembar duit seperti itu, kita juga bisa menolaknya.
    duit dolar lecek
    Duit dolar lecek kayak gini bisa ga laku di Indonesia. Paling lakunya kalau di negaranya sendiri.


    Cara Bermain
    Cara menanam investasi tabungan dolar sebenarnya cukup mudah. Prinsip utamanya adalah membeli dolar saat nilainya turun dan menjualnya ketika nilainya naik.
    Misalnya hari ini kita membeli dolar Rp 12.500, kemudian seminggu kemudian harganya Rp 12.700. Saat itulah yang tepat untuk menjual dolar tersebut.



    Berikut ini adalah cara umum bermain dolar:
    1. Bandingkan nilai jual
    Dari satu bank/money changer ke bank/money changer lain, kurs jual dolarnya bisa berbeda-beda. Carilah pihak yang menjual dolar dengan harga terendah.


    2. Beli dolar secara reguler
    Rekomendasinya adalah tiap bulan sekali. Dengan begitu, nilai dolar kita akan merata, tidak terpatok pada satu harga saja.
    Cara ini berguna untuk mengantisipasi jatuhnya nilai dolar secara tiba-tiba. Sehingga kita tak rugi-rugi amat karena dolar yang kita beli harganya tidak sama.


    3. Targetkan keuntungan.

    Misalnya: kita menginginkan margin keuntungan 5 persen.
    Satu dolar kita beli dengan harga = Rp 12.500.
    Keuntungan / 1 dolar = Rp. 12.500 x 5% = Rp. 625
    Minimal kurs beli / 1 dolar = Rp. 13.125
    Artinya, ketika kurs beli dolar menjadi minimal Rp 13.125, kita bisa segera tukar dolar itu dengan rupiah. Lakukan hal ini secara rutin selama 1-12 bulan.


    4. Batasi jangka waktu penyimpanan.
    Batas maksimal jangka waktu penyimpanan dolar yang direkomendasikan adalah 12 bulan. Artinya, selama 12 bulan boleh-boleh saja kita tak menukarnya dengan rupiah.
    Tapi, yang disarankan adalah kita selalu melihat informasi tentang nilai tukar rupiah setiap pekan atau bulan baik di media massa maupun bank agar bisa mendapat keuntungan lebih banyak.
    Siapa yang gak mau bermandi di lembaran-lembaran duit dolar kayak gini?
    Siapa yang gak mau bermandi di lembaran-lembaran duit dolar kayak gini?
    Investasi tabungan dolar relatif mudah dilakukan, terutama bagi mereka yang belum pernah berinvestasi. Investasi ini juga bisa dijadikan batu loncatan untuk menuju investasi yang lebih rumit, seperti saham dan reksa dana.
    Tak perlu ragu bermain dolar. Asal cermat melakukan perhitungan, keuntungan ada di depan mata.



    Image credit:

        http://www.deliknews.com/wp-content/themes/Transcript/cache/2013/04/361b7_55716_kurs_rupiah.jpg
        http://fortybyforty.typepad.com/.a/6a01310fd96683970c0148c6a732b6970c-pi
        http://www.duniaberbicara.com/wp-content/uploads/2014/08/tabungan-dollar.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sendiri sambil perbaiki diri

Jika jodoh tak kunjung datang, melalui tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman saya pribadi dalam menjemput jodoh yang saya idam-idamkan. ...